INDAHNYA ISLAM

وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَى تَنْفَعُ الْمُؤْمِنِينَ ”Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Adz-Dzariyaat [51]: 55).


Sabtu, 20 Agustus 2011

Nikmatnya Tidur Setelah Shalat Subuh

Diposting oleh Yusuf shadiq
Pagi ini ada kebiasaan yaKarawang timurng agak berbeda dari saya, yaitu saya tidak tidur setelah shalat subuh. Sebenarnya bukan kebisaan saya juga sih tidur setelah subuh. Tapi bagi saya pribadi yudur setelah subuh rasanya berbeda dengan tidur-tidur diwaktu selain setelah subuh. Nikmat banget tidur setelah subuh. Padahal tidur setelah subuh kurang baik.
Ada hadist yang diriwayatkan dari ‘utsman radhiallahu’ anhu dia berkata, Rasulullah Shallallahu’ alaihi wassalam bersabda, tidur shubuh itu mencegah dari rezki (menjauhkan dari rezki). hadits ini dha’if jiddan lihat Dha’if at-Targhiib wa Tarhiib I/262 no. 1046
Syaikh Abdul Bari Fathullah al-Hindi menasehati kita untuk bersungguh-sungguh mempergunakan waktu pagi dengan segala sesuatu yang bermanfaat khususnya muraja’ah ilm syar’I atau hafalan qur’an dan menjauhkan diri dari tidur pagi karena akan banyak sekali berkah yang terlewatkan dari waktu pagi tersebut. Beliau memberikan nasehat yang sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu’ alahi wassallam yangshahih yaitu “Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya” HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 169.
Ketika adzan subuh berkumandang sudah ada peringatan yang mengatakan bahwa shalat lebih baik dari pada tidur. Waktu Subuh hingga matahari terbit adalah waktu yang penuh barokah yang seharusnya kita manfaatkan dengan optimal. Rasulullah SAW memberikan contoh dengan tidak pernah tidur lagi usai mendirikan sholat Subuh di masjid. Berdzikir, tilawah dan tadabbur Al-Qur’an adalah amalan yang bisa dilakukan ba’da sholat Subuh hingga terbit matahari. Banyak dzikir ma’tsurat diajarkan oleh beliau yang bisa diamalkan.
Tidak banyak manfaat yang kita dapatkan dari tidur setelah subuh. Banyak aktifitas yang lebih bermafaat yang bisa kita lakukan selain tidur. Setelah shalat subuh kita bisa berzikir trus olah raga, kemudian menulis deh. Semoga kita bisa menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW yang tidak tidur setelah subuh, amien.

0 komentar:

Posting Komentar