Minggu, 11 Desember 2011

Jangan Bersedih Karena Allah Selalu Bersama Kita

Diposting oleh Yusuf Shadiq
Dalam menjalankan hidupnya, manusia seringkali dilanda berbagai terpaan ujian , dari mulai ujian dalam pekerjaan, kesehatan, sampai pada ujian dalam rumah tangga/keluarga.
Dan diantara mereka ada yang bisa menyelesaikan atau mengatasi berbagai ujian tersebut dengan baik namun ada pula yang tidak bisa menyelesaikannya dengan baik.

Yang saya maksudkan "dengan baik" disini adalah dengan jalan/cara yang tentunya diridho'i oleh Allah SWT. Memang pada dasarnya semakin tinggi iman seseorang, maka semakin tinggi pula ujian yang di timpakanNya, namun jika kita benar-benar cermat dalam mengamati mengenai ujian yang telah diberikanNya, tentunya ada beberapa poin yang mesti dapat diambil hikmahnya, diantaranya :

1. Melatih tingkat loyalitas kita kepada Allah SWT.
2. Melatih kesabaran.
3. Melatih mental agar bisa menjadi insan yang kuat.
4. Melatih agar bisa belajar ikhlas.

Dan dengan berbagai ujian yang diberikan bagi insan yang beriman namun bisa menyelesaikannya dengan baik, maka tentu derajatnya akan semakin ditinggikan. Berat memang terkadang cobaan yang telah diberikan kepada kita, namun kita juga perlu yakin bahwa :

1. Allah tidak akan memberikan ujian diluar batas kemampuan kita. Disini kita harus meyakini janji Allah dengan sepenuh hati kalau ujian yang kita terima, pasti mampu untuk kita diselesaikan dengan baik..

2. Allah tidak selalu memberikan apa yang kita inginkan, namun Allah selalu memberikan apa yang kita butuhkan. Memang banyak sekali keinginan manusia, ada yang ingin jadi kaya tapi hanya diberikan kehidupan yang serba berkecukupan, ada yang ingin jadi Bupati tapi hanya diberi amanah untuk jadi kepala rumah tangga dsb. Disini faktor dogma sangat berpengaruh besar, kita harus meyakini bahwa Allah akan selalu memberikan yang terbaik bagi makhluknya yang beriman, mungkin di sini Allah hanya memberikan kehidupan yang serba berkecukupan karena jika kaya pasti orang tersebut akan sombong/takabbur. Allah hanya menjadikan orang sebagai kepala rumah tangga, mungkin jika dijadikannya Bupati maka tidak akan bisa amanah, karena Allah itu maha tahu.

Maka dari itu selesaikanlah segala masalah dengan cara yang baik, lalui ujian yang diberikanNya dengan penuh keikhlasan dan yang diridhoi olehNya, namun bagi mereka yang sudah terlanjur menggunakan jalan yang tidak diridhoiNya segeralah untuk kembali ke jalanNya, lekaslah untuk bertaubat, karena tidak ada kata terlambat untuk bertaubat.
Begitulah kuasa dari Allah azza wajala, begitu kompleks apa yang diberikanNya kepada kita, maka dari itu kita tidak perlu bersedih, tidak ada gunanya bersedih,karena Allah selalu bersama kita, karena Allah itu maha pengasih, Allah itu maha penyayang, Allah itu maha pengampun, Allah itu maha perencana, dan Allah itu maha pemberi petunjuk namun Allah juga mempunyai azab yang pedih.

Never be sad, keep smile always.....

Fitri  Fatimah Zahra

0 komentar:

Posting Komentar