Jumat, 29 Juli 2011

Puisi disaat Shubuh

Diposting oleh Yusuf Shadiq
semua yang nampak indah di luar takkan lah indah pula di dalam
semua yang nampak elok di depan bukan juga ia kan baik di belakang
apakah semua yang kau butuhkan cuma beralaskan keinginan?
bukan atas kebutuhan?

kau inginkan sebuah permata, namun sebenarnya kau tak membutuhkannya
lalu untuk apa?
kau inginkan seseorang saat ini, namun kau tak membutuhkannya
lalu apa arti kehadirannya?

hargai..
itu saja.

apa yang kau lihat dan jelas di mata bukanlah sebuah jaminan akan hati
apa yang kau rasakan setelah mengenalnya, itulah yang hakiki

tak usah kau lihat usia
jangan kau lihat rupa
tak usah juga kau perhatikan harta
karena semuanya mampu di rapatkan dengan dusta

pilih dengan petunjuk'Nya semata
dan kan kau temui arti Rasa Maha Tinggi sebenarnya
bukan dengan ukuran manusia
tapi dengan ukuran Penciptanya

tak bijak juga jika kau hanya menatap satu kekurangannya
karena mungkin ia punya ribuan kelebihan terhijab disana
yakinlah dengan kemantapan hatinya
jangan rendahkan niat baiknya

tak ada manusia semulia Nabi terakhir
maka tak ada alasanmu merendahkan si Fakir
tak ada segala sesuatu yang kekal abadi
maka tak alasan bagimu meninggikan sang Hati

.: apa yang ada hanya sementara, termasuk cinta pada insan biasa.
.: maka tak ada alasan untuk kita meninggalkan Dia azza wa jalla, demi seorang Hamba

======================================================================

dalam ketermenungan akan sebuah pertanyaan..
kau datang membawa apa yg sebenarnya diri ini mau dan ingin merasa..

inikah yg dinamakan orang yg jatuh hatinya??

yg ketika sebuah nama tersebut berada didepan mata,maka seluruh tubuh terasa bergetar inginnya...

tapi saat ini pertanyaan itu terjawab

kau bukan lah 'siapa' yang aku cari keberadaannya
kau bukanlah 'apa' yg kuinginkan adanya

karena kau lebih memilih berjalan sendiri daripda bersama

tapi itulah aku ...

semoga kecintaanku bukanlah sebuah dosa
semoga jatuh hatiku tak berujung neraka

ku hanya ingin bercinta atas nama Ilahi saja
bukan berhias nafsu dan berselimut cela
bukan sesaat dan kemudian mati

maka temui aku disaat kau mantap kelak..
untuk menjadi ma'mum dari apa yg disebut syariat

selama kau belajar berjalan diatasnya
kan kau temu namaku disana

nama yg menjagamu dari jau h dengan doa
nama yg mencintaimu dengan halal-Nya
nama yang inginkanmu jadi bagian seutuhnya

itu aku

*yaaaaah itu aku

=====================================================================

Yaa Alloh, yaa Muhaimin...
dengan Rahiim-Mu, Engkau telah tutupkan tabir bagi hamba2 Mu atas aib dan dosa yg telah hamba Mu perbuat, alangkah hinanya makhluk-Mu ini yaa Mudzdzill manakala Engkau singkapkan aib-aib hamba-Mu, jangankan untuk tampil di forum seperti ini…untuk melangkah dari tempat hamba bersimpuh ini pun serasa tidak sanggup karena aib dan dosa hamba yang tak terhitungkan ini,namun sekali lagi yaa Rahiim Engkau masih berkenan menutupkan tabir aib dan dosa hamba dari penglihatan dzhahir makhluk Mu, sehingga hamba masih sanggup berjalan di bumi Mu.....

izinkan hamba untuk menghapus tinta merah dari lauh mahfudz Mu yaa Tawwaab, dan menggantikannya dengan guratan-guratan amal sholih yang bisa membanggakan Mu yaa Zuljalaal wal’Ikraam....

Yaa Jabbaar...yaa muqollibal qulb sabit qolbi ala dinika....Engkau lah yang menggenggam hati hamba-hamba Mu, tiadalah Engkau turunkan Dien ini supaya hamba Mu dapat memurnikan keta’atannya kepada Mu di dalam menjalankan Dien Mu yang lurus ini, maka lapangkan dan teguhkan hati hamba diatas Dien Mu ini yaa Baasith....

Yaa Rabb...dan diharibaan Mu dan orang-orang beriman menjadi saksi, hamba beriman kepada Mu.
Mudah-mudahan senantiasa istiqomah dalam menggapai ridho-Mu.


*goresan setelah shubuh hari ini..

=======================================================================

jika kau ingin hanya menyenangkanku...kau berhasil
jika kau ingin hanya menaikan rasaku.....kau pun telah sukses
jika kau ingin hanya ingin menaikan mempermainku....maka sempurnalah nilai mu
semuda yg terkesan memperdaya..kau telah menguasainya.

sekarang hanya tinggal harapan usang
saat ini hanya tinggal doa yg melayang
tak ada lagi nama yg diharap mesra..
tak ada lagi nama yg didamba saat sujud dihadapanNya

entah karena memang si hati yg bodoh
atau memang kau yg teramat lihai
mungkin karena si hati yg terlalu cepat percaya
atau memang karena kau berbakat mempermainkannya

hari ini tak kan berputar menjadi kemarin
apa yg telah lewat percuma jika disesali
hanya air liurmu yg kini kurasakan kau jilat kembali
tanpa ada sesal dan malu dihati karena telah meludah tempo hari..

senangi apa yg kau mau
dapatkan apa yg kau inginkan
suatu saat kau akan tahu
siapa hati yg benar2 kau butuhkan

semenjak awal telah kuwejangkan
jangan kau tinggalkan yg tercinta demi yg kau suka
karena mungkin kelak..orang yg kau suka akan meninggalkan mu demi yg ia cinta..

.:terima kasih,untuknya ..satu hati yg membuat separuh mati..dan kau berhasil:.

====================================================================

sebuah kepedulian bukan obat untuk si hati kesepian
sebuah rumah singgah bukanlah jawaban untuk sebuah diri yang terbiasa melanglang
maka dari itu biar saja
biarkan ia yang merasa nyaman bergerak dengan inginnya
lepaskan ia yang mau terbang dengan kedua sayap hitamnya

siapa aku?
siapa dia?
sinisme ini tak perlu di ucapkan..karena ia pun takkan merasa
takkan juga mengambil pusing

apalagi sampai mengambil hati
karena..ia sudah terbiasa begini

baiklah..
kekecewaan kadang ada dalam sebuah harapan
pupus adalah menjadi akhir pilihan
untuknya ku ucapkan...

nikmati jalan yang kau inginkan
terbanglah sesuai yg kau mau karena sudah kubuka pintuku untuk kau bisa melanglang
*still rememba bout the past

=======================================================================

semua yang nampak indah di luar takkan lah indah pula di dalam
semua yang nampak elok di depan bukan juga ia kan baik di belakang
apakah semua yang kau butuhkan cuma beralaskan keinginan?
bukan atas kebutuhan?

kau inginkan sebuah permata, namun sebenarnya kau tak membutuhkannya
lalu untuk apa?
kau inginkan seseorang saat ini, namun kau tak membutuhkannya
lalu apa arti kehadirannya?

hargai..
itu saja.

apa yang kau lihat dan jelas di mata bukanlah sebuah jaminan akan hati
apa yang kau rasakan setelah mengenalnya, itulah yang hakiki

tak usah kau lihat usia
jangan kau lihat rupa
tak usah juga kau perhatikan harta
karena semuanya mampu di rapatkan dengan dusta

pilih dengan petunjuk'Nya semata
dan kan kau temui arti Rasa Maha Tinggi sebenarnya
bukan dengan ukuran manusia
tapi dengan ukuran Penciptanya

tak bijak juga jika kau hanya menatap satu kekurangannya
karena mungkin ia punya ribuan kelebihan terhijab disana
yakinlah dengan kemantapan hatinya
jangan rendahkan niat baiknya

tak ada manusia semulia Nabi terakhir
maka tak ada alasanmu merendahkan si Fakir
tak ada segala sesuatu yang kekal abadi
maka tak alasan bagimu meninggikan sang Hati

.: apa yang ada hanya sementara, termasuk cinta pada insan biasa:.
.: maka tak ada alasan untuk kita meninggalkan Dia azza wa jalla, demi seorang Hamba:.


lelah berjibaku dan dengan hingar bingar mesin Perkotaan

==================================================================
-sudah-

ketika sebuah harapan dari ia yang lelah bercinta mulai berbunga
seketika itu juga harapan nampaknya pupus dan layu
entah karena kesalahannya
atau memang takdir yang mengalun tak menentu
semua seperti baru terjadi kemarin
tak terasa detik berlalu cepat seperti tak mau lagi bermain

kan di biarkan saja jika begini
percuma berlomba melawan beliung yang tengah berlari
bukan hati yang di capai kelak
malah sakit dan perih yang di raih telak
semua yang ada seperti baru kemarin
dan menit pun terbang dengan cepatnya seperti merpati

memang lah.. semua hasil didapat tergantung apa yang di tanam
dulu Pemain itu menanam kesedihan dan kekecewaan
maka tak ayal jika kini ia memanen benih yang pahit memilukan
seperti sekarang..dan entah sampai kapan
semoga ada yang berhati yang mau memaklumi
dan dengan cinta'Nya ia datang menghampiri

dalam remuk redam ia berharap..
dalam kesendirian ia meratap..
dalam kebimbangan ia menatap..

.:dan sudahi saja semua rasa ini... :.

=========================================================================

-hmm..yaaaahh sperti ini laaah-

apakah kau masih meragukan apa yang ingin aku berikan?
apakah yang nampak saat ini benar-benar kurang menerangkan?
tentang semua apa yang ku katakan
tentang semua apa yang tengah ku rasakan

jika diam bisa ku artikan bahwa kau tak suka
maka saat ini juga akan ku kemas perangkat hatiku untukmu
takkan pernah ku buka
dan kan ku simpan rapat di kotak penglupaanku

hemm..
tapi jika itu adalah sebuah arti dari kata Iya
kan ku buka dan kan tambahkan rasa yang semula ada
hingga mungkin kau akan benar merasa bahwa inilah yang sesungguhnya
inilah yang ku maksud dengan cinta atas nama'Nya

pikirkanlah..seperti yang ku utarakan tempo hari
ku berkata bukan untuk memaksa di pilih
karena sebaiknya sayang itu datang sendiri
ku jelaskan tentang hal yang membuatku gelisah disini
tentang seseorang yang telah membuatku jatuh hati

======================================================================
Orang yang jatuh cinta diam-diam pada akhirnya menerima.
Orang yang jatuh cinta diam-diam paham bahwa kenyataan terkadang berbeda dengan apa yang kita inginkan.
Terkadang yang kita inginkan bisa jadi yang tidak sesungguhnya kita butuhkan.
Dan sebenarnya, yang kita butuhkan hanyalah merelakan.
======================================================================
Duhai yang Maha Merasa akan segala, dari segenap yang Kau berikan anugerah merasakan..

Adakah salah jika hati ini terus berharap kepada sesuatu yang seharusnya terlupakan?Apakah dosa jika perasaan ini hanya bisa merasa saat lekat kepada satu hati, hati makhluk yang sama-sama Kau buat lupa dan pendosa.Aku meratap dengan segala kelemahan layaknya segenggam ilalang yang berpasrah kepada angin..kemanakah akan mengayunnya.

Jika Kau berikan rasa yang sama padanya, maka izinkanlah kami merajutnya dalam tujuan hidup yang sama pula..namun apabila Kau membedakannya, berilah kami benteng yang mencegah hati rapuh karena kelemahannya.Aku yang selalu berdo'a untuk yang terbaik baginya.

Dalam nama yang selalu ku sebut dalam do'a..sebelum tidur..dan menatapnya dalam angan yang juga kan segera redup bersama kuntum rampai yang gugur

.: tidak ingin terjebak dengan masa lalu:.

===========================================================================
tak butuh orang lain untuk tahu
karena ini hanya urusan engkau dan aku
semua rekam jejakmu, tinggalkan kesan
kuharap ini tidak menjadi membosankan
dan hari-hari bisa menjadi menyenangkan
tidak ada yang perlu berubah..
cukup hadir saja dan tanyakan kabar,
atau bergurau, bercanda, seperti yg biasa kau lakukan..
tidak perlu kata-kata romantis itu,
karena akupun jauh dari kata-kata itu

tidak dibutuhkan intervensi dari orang lain
cukup Allah saja yg meng-intervensi
akan seperti apa kami nantinya
Allah selalu bisa mengarahkan ke takdir yang lebih baik...
=======================================================================




Mengapa cewek cantik pacaran dengan cowok jelek ?


Cinta dapat diumpakan seperti pohon,
tiap hari harus disiram dan diberi pupuk kesetiaan serta perngertian..


Namanya juga cinta, wajar 'kan kalo cemburu ? Namun, sesungguhnya, persoalannya tidak sederhana itu. Cemburu biasanya lebih terkait dengan seseorang yang takut kehilangan sesuatu yang ia yakini bisa dikontrol atau dimiliki, daripada sekedar dicintai.


"Bingung ?", sama saya juga bingung wkwkwk ...


Cewek yang mudah merasa merasa cemburu terhadap cowoknya sesungguhnya adalah cewek yang tidak yakin terhadap dirinya sendiri sehingga mudah merasa curiga. Cemburu, dan marah-marah kalau melihat cowoknya berdekatan atau akrab dengan cewek lain. Kalo cowok yang cemburu misal tahu kalo ceweknya jalan atau berhubungan sama cowo lain, dan jika jawabannya "Ya !", yang terjadi adalah ini, cowok itu gak merasa yakin dengan dirinya sendiri sehingga secara tidak sadar berpikir kehadiran cowo masa lalu itu adalah ancaman bagi hubungannya dengan cewek. Kalo boleh jujur, bukankah sesungguhnya itu emang yang terjadi ?


Sekarang bayangin kalo km merasa yakin terhadap dirimu sendiri. km mendapati kejadian seperti itu dan bener-bener merasa yakin kalo cewekmu itu tidak akan meninggalkanmu hanya karena cowok itu. Apa yang km rasain ? km akan menghadapinya dengan wajar, tanpa rasa cemburu, karena keyakinan dirimu mengalahkan kemungkinan kecurigaanmu itu.


Ya, emang ini kedengerannya lebih mudah dalam teori, tapi sulit buat mempraktekannya. Dalam prakteknya, "Siapa yang kaga cemburu melihat cowoknya asyik dengan cewek lain ?", atau "Siapa yang gak ngamuk kalo ceweknya asyik-asyik sama cowok lain, sementara tuh cowok dicuekin ?".


Ketika seorang cewek merasa cemburu terhadap pasangannya, dia cenderung menyalahkan diri sendiri, sementara cowok cenderung menyalahkan pihak ketiga jika merasa cemburu....


Apapun yang terjadi, dan bagaimanapun reaksi kita, tentu saja cemburu tetap dibutuhkan dalam suatu hubungan karena setidaknya perasaan ini akan semakin mempererat rasa saling memiliki. Pasti banyak kok yang mengatakan "Cemburu adalah bumbu cinta". Namun, terlalu cemburu atau terlalu mudah cemburu juga bikin kepala mau pecah 'kan ?


Karena itu, dibutuhkan keyakinan atas diri sendiri, yakni bahwa kau percaya dan selalu percaya pada pasanganmu bahwa dia tidak akan meinggalkanmu hanya gara-gara munculnya seorang cewek atau kehadiran seorang cowok lain.


Apa yang disebut sebagai "Keyakinan atas diri sendiri" itu sebenarnya juga bukan sesuatu yang berdiri sendiri. Karena sekuat dan sehebat apapun seseorang merasa yakin dengan dirinya sendiri, dia tetap saja akan cemburu atau mudah cemburu jika tidak ditunjang dengan keyakinan dan rasa percaya terhadap pasangannya.


So, apakah untuk menepiskan perasaan cemburu dan agar pasangan kita tidak mudah cemburuan berarti kita juga perlu membangun rasa saling percaya dan bahwa kita akan saling setia ...? "Bingo !"
==========================================================================
Cinta memang buta. Ya, tapi cinta gak berhenti di situ aja. Meski cinta sering kali dibangun di atas subjektivitas, pada akhirnya semua orang pun akan sampai ke cinta yang objektif. Meskipun orang memang "dimaklumi" untuk bodoh dan buta ketika cinta melanda, dia akan belajar dan menjadi semakin pintar dan tahu cara memahami cinta serta pasangan yang dicintai.


Seiring perjalanan waktu, cinta yang buta itu akan mulai memiliki mata. Nah mungkin ini lagi dirasakan seperti kalian yang sedang merasakan cinta. Mata kesadaran masing-masing akan mulai terbuka untuk mengetahui dan mengenali bahwa pasangannya tetap manusia biasa, yang mungkin memiliki kelebihan yang layak dibanggakan, juga kekurangan yang harus dimaklumi dan dimaafkan.


Ketika sampai pada kesadaran semacam itu, cinta yang buta itu pun mulai memiliki mata, perasaan mulai digantikan oleh pikiran, dan cinta bertumbuh menjadi rasa saling pengertian.


Kakek dan nenek kita mungkin tidak lagi memiliki daya tarik serta pesona fisik yang membuat mereka dulu saling tergila-gila. Namun, mereka bertahan, kan ?



"Karena cinta memberi mereka pelajaran, dan mereka belajar dalam prosesnya."

===============================================================================


entah kah dalam kediamanku atau dalam kegembiraan
entah lah dalam ketenanganku atau dalam kegalauan
seketika jika mengingatmu semua menjadi datar dan biasa namun menyenangkan

kau siapa bagiku? hanya Dia yang tau
seperti ingin ku teriakan bahwa kau ku butuhkan
ingin di tuliskan dan ku pamerkan pada mereka
bahwa kau satu yang ku inginkan dan ku sempurnakan

dalam tundukku pada Robb kita selalu ku pintakan
agar jika Ia berkenan kan akhirnya kita di persatukan
kan ku pinang engkau dengan kesederhanaan yang kan ku bawakan
bukan dengan harta yang menggunung
bukan pula rayuan cinta mesra memabukkan

kan ku maharkan kau dengan Kalam Tuhan
yang dengannya kita bisa saling mengingatkan kewajiban
bukan dengan benda indah yang menyilaukan
maafkan jika memang tak sesuai harapan
namun itulah yang bisa ku berikan
kelak ketika untukku engkau di peruntukkan
bersabarlah dengan cerita yang lamban mengalun

Duhai Gadis..
jangan kau hiasi hari-hari berat kita dengan tangis
meskipun jarak jauh tengah membatasi garis manis
ku yakinkan kau bahwa tak lagi hati ini kan terbagi dan teriris

ingin ku rayu sosok shalihah dirimu
ingin ku sentuh jemari bergantung tasbihmu
ingin ku dengar suara lembut tundukmu
ingin ku lengkapi kau dengan Ijab cinta'ku
sungguh meskipun tertatih kan ku kejar hari itu





semoga kau bersabar menungguku..

.:mencoba menggores kembali :.










0 komentar:

Posting Komentar